Searching

Minggu, 14 Desember 2014

15 TIPS AMAN BERJEJARING SOSIAL

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Jejaring sosial membantu kita untuk tetap terhubung dengan orang lain dari berbagai belahan dunia. Dengan adanya jejaring sosial kita dapat saling berkomunikasi dan berbagi informasi berupa tulisan, kejadian (moment), foto, video maupun pesan pribadi.
Seiring bertambah dan berkembangnya situs-situs jejaring sosial yang ada, maka berbagai resiko dan kemungkinan buruk yang dapat terjadi pun juga bertambah. Hacker, spammer, penulis virus (penyebar virus), pencuri identitas dan penjahat lainnya mulai mengikuti laju perkembangan teknologi yang ada. Bahkan tidak jarang beberapa tindak kriminal yang terjadi saat ini berawal dari hubungan jejaring sosial. Oleh karena itu ada baiknya kita mengikuti tips-tips berikut supaya tetap aman dan nyaman saat berjejaring sosial di dunia maya.

1. Perkuat password (kata sandi) akun jejaring sosial Anda
Hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda membuat password (kata sandi) adalah kombinasi unik dari password yang Anda buat. Salah satu tips sederhana dalam memilih password adalah dengan membuat sebuah kata sandi yang rumit, dimana rumit yang dimaksud ialah rumit di terka (di tebak), rumit di prediksi dan bila perlu rumit di hafalkan. Kata sandi yang baik adalah kata sandi yang mengandung 3 unsur kombinasi yaitu huruf (termasuk huruf besar dan kecil), angka dan simbol. Jangan memilih password berdasarkan hobi, kegemaran, identitas, alamat, dan terkait dengan informasi pribadi lainnya. Berikut contoh password yang rumit: "1$T$jempol++_7%#1" atau "25*^//.)Klop@#w)"

2. Biasakan mengubah password secara teratur dan berkala
Selain harus menggunakan kombinasi password yang kuat dan rumit, ada kalanya kita juga perlu mengubah kata sandi kita secara berkala, hal ini bertujuan untuk tetap menjaga keamanan akun pribadi kita.

3. Jangan menggunakan password yang sama di banyak akun
Bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 akun jejaring sosial sebaiknya jangan menggunakan password (kata sandi) yang sama di akun yang berbeda. Karena tidak menutup kemungkinan jika salah satu akun anda di bobol oleh hacker maka akun anda yang lain juga akan ikut terbajak.

4. Pastikan Anda memahami privacy settings/pengaturan privasi asal yang ditawarkan oleh situs jejaring sosial
Pada saat Anda memilih sebuh jejaring sosial, sempatkanlah beberapa waktu Anda untuk membaca ketentuan dari privacy setting yang ditawarkan jejaring sosial tersebut, cermati dan pahami baik-baik ketentuan pengaturan privasi, hal tersebut nantinya akan membantu mempermudah Anda dalam melakukan pengaturan privasi akun Anda.

5. Proteksi komputer Anda dengan anti Virus
Update semua perangkat lunak (termasuk web browser Anda) langsung ke vendornya. Jangan lupa untuk meng-instal antivirus dan software antispyware seperti Microsoft Security Essentials atau merek lain, lalu aktivkan firewall nya. Lindungi router / nirkabel / jaringan WIFI dengan sandi. Jangan menempatkan flash yang tidak diketahui asalnya ke komputer Anda. Jangan pula meng-klik link atau tombol di jendela pop-up yang mencurigakan. Banyak kasus yang terjadi akibat klik ngasal. Mulai dari malware, virus (komputer), hingga penipuan. Jika Anda mendapati link dari sumber yang asing, tak dikenal dan bukan teman Anda maka sebaiknya jangan diklik. Bila perlu blokir pengguna tersebut.

6. Lindungi informasi pribadi Anda
Batasi informasi pribadi yang Anda cantumkan dalam akun jejaring sosial Anda. Jangan tuliskan alamat lengkap ataupun nomor handphone Anda untuk meminimalisir tindak kejahatan ataupun orang yang sekedar iseng. Namun jika hal tersebut bertujuan untuk bisnis, maka cek terlebih dahulu pengaturan privasi Anda dan pastikan Anda berbagi hanya pada teman. Saat berbagi apapun, baik itu teks, foto, video, tautan, catatan, event, lokasi, dan lainnya setting profil Anda hanya bisa diintip oleh teman. Jangan dibuat publik dan hanya bagikan ke teman sehingga nantinya hanya teman yang dapat melihatnya.

7. Berhati-hatilah saat mengakses jejaring sosial di tempat umum
Waspadalah saat Anda mengakses jejaring sosial Anda di tempat umum seperti warnet dan sebagainya. Jangan lupa untuk menghapus password dan riwayat browsing Anda dan lakukan perubahan password (kata sandi) secara berkala. Pastikan alamat email Anda tidak muncul kembali saat jejaring sosial tersebut di akses oleh orang lain.

8. Akses situs jejaring sosial menggunakan awalan alamat internet dengan https://
Pastikan untuk menggunakan awalan alamat internet dengan https:// sebelum kita memasukkan data sensitif dalam bentuk web untuk menjaga nama pengguna, kata sandi dan informasi lain yang Anda posting. Menggunakan https:// dibandingkan http:// menambahkan satu lapisan keamanan dengan mengenkripsi lalu lintas dari browser Anda ke situs jejaring sosial Anda.

9. Jangan berikan informasi sensitif kepada orang lain
Jangan pernah memberikan informasi sensitif (seperti nomor rekening atau password) alamat, menanggapi permintaan dalam pesan email, IM, atau pada jaringan sosial. Jangan menanggapi permintaan uang dari pertemanan atau yang mengaku anggota keluarga, penawaran yang menggoda dengan untung besar, undian yang tidak pernah kita ikuti, atau penipuan lainnya. Jangan pula berikan alamat email atau password jejaring sosial kita kepada teman dekat/pacar, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika suatu saat orang tersebut sakit hati terhadap Anda.

10. Selektif dalam menerima pertemanan
Jangan asal meng-add/follow (menambahkan) teman baru hanya dilihat dari foto profilnya yang menawan. Jangan asal pula menerima permintaan teman. Selektif itu kuncinya. Jika Anda ingin mencari teman SD, SMP, SMA, atau TK sekalipun, perhatikan dengan benar data diri teman Anda dan lakukan verifikasi.

11. Jangan biarkan layanan jejaring sosial untuk memindai buku alamat email Anda
Ketika Anda bergabung dengan jaringan sosial baru, Anda mungkin menerima tawaran untuk memasukkan alamat email dan password untuk mengetahui apakah kontak Anda berada di jaringan. Situs ini mungkin menggunakan informasi ini untuk mengirim pesan email ke semua orang di daftar kontak Anda atau bahkan semua orang yang Anda pernah mengirimkan pesan email ke dengan alamat email tersebut.

12. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga (Third Party Applications)
Ada ratusan aplikasi pendukung di jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Sebelum Anda menggunakan atau meng-Allow aplikasi tersebut, pastikan terlebih dahulu keamanannya. Carilah aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. Ingat, aplikasi itu selalu meminta Informasi Account jejaring sosial Anda, ID dan password Anda.

13. Perhatikan apa yang kita tulis
Sebelum Anda memposting, update status, berkicau, sharing foto atau apapun dalam jejaring sosial perhatikan apa yang akan disampaikan, apakah pantas dan benar, apakah dampak baik buruknya. Hal-hal / informasi yang dibagikan yang dibarengi dengan wawasan kita dengan dunia internet akan lebih bagus. Hal ini perlu, selain untuk menjaga diri juga untuk menjaga orang lain. Seperti contoh status seringnya galau atau sedang sendiri bisa memancing kesempatan orang untuk berbuat kriminal.

14. Gunakan foto yang sopan
Setiap jejaring sosial biasanya terdapat foto profil atau koleksi foto pengguna. Nah, saat mengupload foto usahakan foto dengan pakaian sopan tidak menimbulkan nafsu bagi para pengunjungnya. Karena jika hal tersebut disepelekan maka akan menimbulkan bahaya bagi anda utamanya para wanita.

15. Tahu apa yang harus dilakukan
Jika seseorang mengganggu Anda, mengancam atau bahkan membuat Anda tidak nyaman dengan cara menyalahgunakan data pribadi Anda. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, hapus akun orang tersebut dari daftar pertemanan Anda, blokir kemudian laporkan kepada situs administrator jejaring sosial tersebut.

Demikian tips-tips yang dapat Anda coba supaya tetap aman dan nyaman saat berjejaring di dunia maya.
Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share and Like.